Thursday, September 13, 2012

Menjaga Performa PC dan Laptop Agar Tetap Prima

Pertama kali beli PC atau Laptop biasanya kondisi laptop masih prima, diajak ini itu masih oke-oke saja, tapi setelah dalam itungan bulan (apalagi kalau PC atau Laptop tersebut dipakai untuk online) lambat laun akan terasa sekali perbedaan yang bisa kita rasakan atas kinerja PC atau Laptop kita, biasanya akan terasa lebih lelet dan sudah kurang responsif. Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar PC dan Laptop kita selalu prima dan responsif (dengan catatan tidak ada kerusakan hardware atau terkena virus) yang jelas jelas akan membuat PC atau Laptop anda menjadi aneh dan sangat tidak responsif.

Ada banyak sebenernya Utility yang bisa kita pakai untuk menjaga performa PC atau Laptop kita tetep prima, tapi setelah saya coba berbagai macam software-software yang begitu banyak, maka saya putuskan untukmengambil yang paling simple, ringan dengan interface yang simple dan mudah dimengerti untuk orang awam sekalipun dan yang paling penting adalah gratis alias freeware (meskipun yang kita pakai adalah versi gratisan tapi performanya sungguh tidak jauh berbeda dengan yang versi business maupun yang pro. Untuk semua Windows OS : XP, VISTA, 7

1. CCleaner

Apa itu CCleaner? Menurut Developer nya "CCleaner is the number-one tool for cleaning your Windows PC. It protects your privacy online and makes your computer faster and more secure. Easy to use and a small, fast download" (Terdengar Mantabkan).
Dengan software ini anda bisa menguninstal program apapun dengan lebih mudah dan bersih, tidak ada registry sampah yang tersisa, dengan software kecil ini pula anda bisa meng enable atau mendisable atau bahkan mendelete program yang akan diload saat windows start up tanpa ribet lagi.
Untuk yang versi Business atau Pro silahkan hubungi nama2 dibawah halaman website ini dan dapatkan secara gratis.
Setelah terinstal, berikut beberapa screenshot cara menggunakan CCleaner


Jalankan program pilih pada tabulasi Cleaner sebelah kiri, lalu tabulasi windows sebelah kiri atas lalu clik analyze untuk mengamati sampah sampah apa saja yang disarankan untuk dibersihkan lalu klik Run Cleaner disebelah kanan bawah, ulangi sampai bidang bagian tengah kosong dan bersih.


Gambar diatas adalah bagaimana cara menggunakan CCleaner untuk mengamati dan memberikan opsi kepada anda untuk membersihkan apa yang ingin anda bersihkan.


Untuk meng uninstal suatu program dari komputer anda, anda tinggal klik pada tabulasi tools disebelah menu sebelah kiri lalu pilih tabulasi uninstal klik program yang ingin anda un instal lalu klik Run Uninstaler di tabulasi sebelah kanan.


Biasakan setelah menginstal atau uninstal program, bersihkan registry juga dengan cara memilih menu registry lalu klik scan for issues lalu klik fix selected issues, ulangi sampai bidang di tengah bersih dan tidak ada registry sampah yang tersisa.


Anda juga bisa meng enable atau men disable program apapun yang ingin anda load saat startup di windows anda (hati-hati untuk yang satu ini) jangan sampai mendisable system32, anti virus, atau apapun yang penting yang lain (konsultasi dulu) apa yang boleh didisable apa yang boleh di delete. (silahkan tanya di room)

2. CCenhancer
CCenhancer adalah sebuah software utility yang mendukung CCleaner sehingga mempunyai kemampuan yang lebih luas karena akan menambah kan opsi lebih banyak lagi di menu CCleaner yang telah ada dan yang terpenting adalah program ini juga sangat ringan sekali.


System Requirment :
- Microsoft .NET Framework 3.5.
- Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8
- You may need to use “Run as Administrator” for Windows 7, 8.

Instal lalu update (butuh koneksi internet)



Setelah Instal maka tampilan CCleaner anda akan sangat berubah, opsi akan bertambah jadi lebih banyak. Amati dulu sebelum menggunakan opsi opsi baru yang semakin banyak. Konsultasi gratis di room
Berikut gam CCleaner setelah ditambahi CCEnhancer


3. System Ninja juga sebagai pendukung CCleaner dan CCenhancer yang ahli dalam menghapus "junk file" atau file-file sampah yang sudah tidak terpakai dan tidak dibutuhkan dalam system operasi windows anda.


Anda bisa menggunakan software tersebut diatas sesering mungkin,
Kemudian lakukan defrag pada harddisk anda (lakukan analyzed dulu, apakah dibutuhkan atau tidak untuk melakukan defrag) lakukan disemua drive. (ingat apabila system anda tidak merecomendasikan kepada anda untuk mendefrag Harddisk anda pada saat analyzed, jangan di defrag)
Sisakan space pada setiap hard disk minimal 15% agar anda bisa mendefrag secara maximal harddisk anda
Langkah yang terakhir adalah error checking serta scan untuk setiap bad sector pada setiap drive anda. Dan rasakan bedanya

CCleaner Download Link
CCEnhancer Download Link
System Ninja Download Link

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

Labels

Translate