Sunday, September 9, 2012

Instal Windows 7 Dengan Mudah Untuk Pengguna Netbook

Netbook memang kecil, simple, mudah dibawa dan ditenteng dibandingkan dengan laptop yang ukurannya memang lebih lebar. Namun terkadang pemilik netbook dipusingkan dengan tidak adanya DVDRW internal pada netbook, jadi terkadang mereka kebingungan untuk menginstal windows atau os yang lain, apabila windows mereka mengalami masalah dan harus instal ulang. Berikut adalah cara praktis untuk instal windows pada netbook dengan menggunakan Flashdisk, semoga bermanfaat...!!!

Cara Pertama (simple, no ribet, no software tambahan)

Siapkan Flashdisk dengan kapasitas minimal 4Gb.
Siapkan CD Windows 7 usahakan yang untouched (bukan windows dengan macem-macem edition seperti misal windows "batman edition", "superman edition", "spiderman edition" dan edisi-edisi yang lain yang bukan asli dari microsoft) karena windows yang sudah di edit akan mengurangi kompatibilitas dengan software-software yang lain dan yang lebih parah suka ngehang, crash karena tidak stabil.
Format Flashdisk dengan format NTFS (karena format flashdisk biasanya hanya FAT atau FAT32)


Buka System Properties dengan cara sebagai berikut : Klik Start >> My Computer klik kanan >> Properties (lihat gambar)


Pilih tabulasi Hardware kemudian klik tombol device manager, nanti akan muncul halaman seperti dibawah ini



Setelah terbuka pilih Tab Policies lalu pilih Optimize for performance (lihat gambar lagi)lalu tekan ok.


Langkah selanjut buka windows explorer (start klik kanan pilih explore) cari keberadaan flashdisk yang akan di format klik kanan lalu format, pada format option contreng quick format agar formatnya lebih cepat.
Masukkan Disc Windows 7 anda kedalam DVDRW di komputer anda lalu copy semua isinya kedalam Flashdisk yang baru saja anda format. Setelah semuanya tercopy kedalam Flashdisk, cari file dengan nama "bootmgr" rename menjadi "NTLDR" (ingat tanpa tanda petik). Flashdisk anda sudah siap menjadi windows 7 Instaler (METODE INI HANYA UNTUK WINDOWS 7 BUKAN YANG LAIN)
Colokkan Flashdisk pada netbook (sebaiknya netbook dalam keadaan mati) selanjutnya Nyalakan Netbook Anda masuk ke menu bios dan pilih boot from USB HDD/USB FD lalu instal seperti biasanya.

Cara Kedua (dengan software tambahan wintoflash)

Siapkan Flashdisk minimal 4Gb untuk Windows 7 dan minimal 1Gb untuk windows Xp, untuk Windows Vista gak usah kita bahas (VISTA CACAD SOALNYA)
Download Wintoflash disini gratis buat anda
tutorial sekalian disini deh :D.
Extract hasil download  lalu jalankan file wintoflash.exe

Klik tombol accept



Klik tombol wizard



Klik tombol next



Pada windows file path arahkan ke DVDRW yang sudah anda disc windows nya baik 7 maupun XP
Seperti ini


Kemudian pada usb drive pilih select


Arahkan ke Flashdisk lalu klik OK


Klik tombol next


Pilih Accaept lalu tekan tombol continue


Akan keluar tulisan WARNING dengan warna merah sebagai peringatan komputer anda akan meledak, tekan OK saja biar sekalian meledak dan beli yang baru lagi wkowkowkowko


Tunggu sampai proses selesai


Kalau sudah selesai tekan tombol next


Lalu Tekan OK


Colokkan Flashdik kedalam netbook (sebaiknya dalam keadaan mati) nyalakan laptop dan masuk ke BIOS.


Set Bios seperti ini (posisi HDD nomer dua yang lain terserah, mau buang kelaut juga boleh)



Simpan settingan tersebut lalu keluar dan booting dari flashdik setelah booting akan tampil 2 opsi pilih opsi kedua untuk pertama kali instal lalu pilih opsi pertama setelah restart


Tulisan diatas sudah sangat detail sekali kalau masih kurang faham silahkan instal Camfrog (atau CF) lalu add admin yang namanya ada di bawah kemudian add juga room yang ada dibawah lalu lakukan konsultasi biar jelas.  Happy Instal


1 comment:

  1. Misi gan, izin share ya...

    DVDRW External Asus
    Price Rp 300.000

    ASUS SDRW-08D2S-U LITE adalah writer DVD slim eksternal dengan kecepatan 8x. Desain yang stylish dan portabel dan hemat ruang. Penampilan drive yang berkisi-kisi terinsipirasi dari bentuk berlian sehingga produk ini terlihat unik dari berbagai sudut. Fitur tambahan seperti USB 2.0 dan E-Green Engine akan menyediakan kemampuan storage optik terbaik.



    Terimakasih.... :)

    ReplyDelete

Labels

Translate